STIA Cimahi Studi Banding Penerapan E-Goverment Ke DIY

DSC_1149_20160422132813YOGYAKARTA.(22/04/2016) Jogjaprov.go.id – Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Cimahi mengadakan kunjungan ke Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berkaitan dengan bagaimana penerapan e-gouverment dalam pelayanan publik pada era otonomi daerah, bertepat di Unit VIII Komplek Kepatihan Pemerintah Provinsi Yogyakarta, Jumat(22/04).

Selaku Ketua rombongan dari STIA- Cimahi Abrori,S. H. I., S.H., M.H, menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ke Pemerintah Provinsi DIY adalah ingin mengetahui bagaimana pelayanan publik khususnya berkaitan dengan penerapan E-Gouverment di Pemerintah Daerah DIY.

Sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekda DIY, Dra. Kristina Swasti, M.Si, memaparkan bahwa, pelayanan publik kaitannya sangat kuat dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam upaya peningkatan publik sangat mutlak dilakukan, guna merespon setiap penyimpangan dalam pelayanan publik, saat ini warga masyarakat semakin sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara bermasyarakat berbangsa dan bernegara.Oleh karena itu pelayanan publik merupakan wujud dan fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat juga abdi negara.

Dalam hal pelayanan publik sudah seharusnya dilakukan secara profesional agar mampu menciptakan kondisi yang mungkin dapat mampu mengembangkan kemampuan kreatifitasnya. Berkaitan dengan maksud dan tujuan dikunjungan STIA- Cimahi maka berdasarkan misi pemerintah Daerah DIY yang salah satunya, meningkatkan kemampuan masyarakat konsultasi dan asistensi dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat agar memiliki daya saing yang kuat. Maka fokus utama dalam etika pelayanan publik adalah apakah aparatur pelayanan publik telah mengambil keputusan, dan berperilaku yang dapat dibenarkan dari sudut pandang etika. Sehingga pada akhirnya diharapkan masyarakat mampu mendapatkan kepuasan dalam pelayanan publik dari pemerintah melalui pelayanan publik yang mengedepankan etika profesi.

Dilakukan pula dialog dengan nara sumber dari Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah, Biro Organisasi DIY serta Sekertariat DPRD DIY.(ptr/***)

Tanggal Rilis : Jumat, 22 April 2016
Penulis Artikel : sukarmi
Fotografer : Wijang
Lokasi : Unit VIII Komplek Kepatihan

HUMAS DIY

Sumber :http://www.jogjaprov.go.id/